RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD
Negeri 2 Latihan SPG Ambon
Kelas/Semester : V/I
Mata Pelajaran :
Matematika
Pertemuan Ke : 2
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi (SK)
3. Menghitung luas
bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
3.1 Menghitung luas
trapesium dan layang-layang
C.
Indikator
3.1.1Menemukan rumus
luas layang-layang
3.1.2 Menghitung luas
layang-layang
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mendengar
penjelasan guru, siswa dapat:
1. Menemukan
rumus luas layang-layang
2. Menghitung
luas layang-layang
E.
Karakter
siswa yang diharapkan:
Disiplin (disipline),
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence) dan tanggung jawab (responsibility)
F.
Materi
Pembelajaran
1.
Layang-layang
G.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab, Ceramah, Penugasan, dan Discovery Learning
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Fase pembelajaran penemuan (discovery learning)
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu/menit
|
|
Kegiatan Awal
|
3
|
|||
Kegiatan
Persiapan
|
1.
Memberi salam
|
1.
Membalas salam dan menjawab hadir/tidak hadir
|
3
|
|
2.
Mengambil absen
|
||||
3.
Mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa
|
||||
4.
Merumuskan tujuan pembelajaran
|
||||
5.
Menyiapkan materi pembelajaran (problem yang akan
dipecahkan)
|
||||
6.
Menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan
|
||||
Kegiatan Pelaksanaan Penemuan
|
Kegiatan Pembukaan
|
3
|
||
1.
Mengajak siswa untuk menyanyikan lagu bermain
layang-layang bersama-sama
|
1.
Menyanyikan lagu bermain layang-layang
|
3
|
||
2.
Memotivasi siswa tentang pentingnya menjadi
seorang penemu dengan agar siswa termotivasi
|
|
|||
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran dan membagikan
bahan ajar kepada siswa
|
||||
Kegiatan Inti
|
32
|
|||
1.
Mengemukakan
masalah yang akan dicari jawabannya melalui kegiatan penemuan
|
|
1
|
||
2.
Meminta siswa untuk duduk berkelompok yang terdiri
dari 4 kelompok
|
3.
Duduk dalam kelompok
|
2
|
||
3.
Memberikan media pembelajaran dan LKS kepada siswa
untuk digunakan dalam proses penemuan rumus
|
4.Menerima alat
dan bahan, serta LKS yang diberikan guru
|
1
|
||
4.
Memberikan petunjuk dan bimbingan tentang cara pelaksanaan penemuan kepada
siswa untuk menemukan rumus layang-layang digunakan rumus luas segitiga
|
5.Mendengar
pengarahan guru dan bertanya jika ada hal-hal yang belum dipahami
|
4
|
||
5.
Memberikan kesempatan kepada siswa berdiskusi menemukan
rumus luas layang-layang
|
6.Berdiskusi untuk menemukan rumus luas layang-layang
|
18
|
||
Kegiatan Pelaksanaan Penemuan
|
||||
6.
Merangsang terjadinya interaksi antar siswa dengan
siswa
|
|
|
||
7.
Memuji siswa yang giat dalam melaksanakan penemuan
|
||||
8.
Memberikan kesempatan kepada siswa melaporkan
hasil temuannya di depan kelas
|
9.Mempresentasikan
hasil penemuan di depan kelas
|
|||
Kegiatan Penutup
|
32
|
|||
|
1.
Membimbing siswa membuat rangkuman dan kesimpulan
dari hasil temuan
|
1.
Membuat rangkuman dan kesimpulan hasil temuan
|
|
|
2.
Membagikan soal tes akhir siklus
|
2.Menyelesaikan
soal tes akhir siklus
|
I. Media dan Sumber Belajar
1. Media
a.
Gambar bangun datar layang-layang
b.
Gunting, lem, ketas flow chart, katron
manila, spidol/pulpen/pensil
2. Sumber
Belajar
a.
Bahan ajar dan LKS
J. Penilaian
a. Jenis
Tes : Tertulis
b. Bentuk
Tes : Uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………
NIP.
|
Ambon, ……………..2015
Guru Mapel Matematika
…………………………..
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar