RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SD
Negeri 2 Latihan Ambon
Kelas/Semester : V/I
Mata Pelajaran :
Matematika
Pertemuan Ke : 3
Alokasi Waktu : 2
x 35 menit
A.
Standar
Kompetensi (SK)
3. Menghitung luas
bangun datar sederhana dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
3.2 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas bangun datar
C.
Indikator
3.2.1 menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas
trapesium
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah mendengar
penjelasan guru, siswa dapat:
1. Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan luas trapesium
2. Menghitung
tinggi trapesium
E.
Karakter
siswa yang diharapkan:
Disiplin (disipline),
Rasa
hormat dan perhatian (respect)
Tekun
(diligence) dan tanggung jawab (responsibility)
F.
Materi
Pembelajaran
1.
Masalah yang berkaitan dengan trapesium
G.
Metode
Pembelajaran
1.
Tanya jawab, ceramah, Penugasan, dan Discovery Learning
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Fase pembelajaran penemuan (discovery learning)
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Alokasi waktu
|
Kegiatan Awal
|
5
|
||
Kegiatan Persiapan
|
1.
Memberi salam
|
1.
Membalas salam dan menjawab hadir/tidak hadir
|
|
2.
Mengambil absen
|
|||
3.
Mengidentifikasi kebutuhan belajar siswa
|
|||
4.
Merumuskan tujuan pembelajaran
|
|||
5.
Menyiapkan materi pembelajaran
|
|||
6.
Menyiapkan perangkat pembelajarn
|
|||
Kegiatan Pelaksanaan Penemuan
|
Kegiatan Pembukaan
|
5
|
|
1.
Menanyakan kepada siswa mengenai materi yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya
|
1.
Menjawab pertanyaan yang diberikan
|
|
|
2.
Memotivasi siswa akan pentingnya mempelajari materi yang akan diajarkan
|
|
||
3.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
|
|||
Kegiatan Inti
|
50
|
||
1.
Mengemukakan masalah yang berkaitan dengan
trapesium dan menjelaskan
|
1.
Mendengarkan materi pembelajarn yang dijelaskan
guru
|
10
|
|
2.
Memberikan contoh-contoh soal cerita yang
berkaitan dengan trapesium
|
|
1
|
|
3.
Meminta siswa untuk duduk dalam 4 kelompok belajar
|
3.
Duduk dalam kelompok
|
2
|
|
4.
Membagikan LKS kepada siswa
|
4. Menerima LKS
dan bahan ajar yang diberikan guru
|
2
|
|
5.
Memberikan kesempatan kepada siswa untuk
berdiskusi menyelesaikan soal-soal cerita yang berkaitan dengan trapesium
|
5.Mengerjakan
soal cerita sesuai dengan LKS yang diberikan guru
|
4
|
|
6.
Membimbing siswa untuk mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas dan meminta kepada kelompok lain untuk menanggapi
hasil diskusi yang dipresentasikan kelompok
|
6.Mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas dan siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan
untuk menanggapi hasil diskusi dari kelompok yang mempresentase
|
20
|
|
|
Kegiatan Akhir
|
10
|
|
Kegiatan Penutup
|
1.
Menanyakan hal-hal yang belum dipahami siswa
|
1.
Bertanya hal-hal yang belum dipahami siswa
|
2
|
2.
Membuat rangkuman dan kesimpulan pembelajaran hari
ini
|
2.Membuat
rangkuman dan kesimpulan
|
5
|
|
3.
Melakukan evaluasi hasil pembelajaran
|
|
3
|
I. Media dan Sumber Belajar
1. Media
a.
Gambar bangun datar trapesium
2. Sumber
Belajar
a.
Bahan ajar dan LKS
J. Penilaian
a. Jenis
Tes : Tertulis
b. Bentuk
Tes :Uraian
Mengetahui
Kepala Sekolah
……………………………
NIP.
|
Ambon, ……………..2015
Guru Mapel Matematika
…………………………..
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar