GURU
DAN TUGASNYA
1. Siapakah Guru ?
Ø Guru Sebagai Pribadi
Guru adalah manusia yang memiliki kepribadian sabagai
individu. Seperti halnya pribadi-pribadi yang lain pembentukan pribadi guru ,
dipengaruhi oleh faktor-faktor yang berasal dari lingkungan keluarganya,
sekolahnya dulu tempat ia belajar, masyarakat sekitar serta kondisi dan situasi
sekolah dimana ia sekarang bekerja. Guru adalah suatu profesi. Sebelum Ia
bekerja sebagai guru, terlebih dahulu dididik
dalam suatu lembaga pendidikan keguruan. Dalam lembaga pendidikan
tersebut Ia bukan hanya belajar ilmu pengetahuan atau bidang studi yang
diajarkan, tetapi juga dibina agar memiliki kepribadian sebagai guru.
Ø Guru sebagai pendidik dan Pengajar
Guru mempunyai peranan ganda sebagai pengajar dan pendidik.
Tugas utama sebagai pendidik adlah membantu mendewasakan anak. Dewasa secara
psikologi,social dan moral. Tugas utama
sebagai pengajar adalah membantu perkembangan intelektual, afektif,dan
psikomotor melalui menyampaikan pengetahuan, pemecahan masalah, latihan-latihan
afektif dan keterampilan. Guru bukan hanya penanam dan Pembina nilai-nilai
tetapi Ia juga berperan sebagai suri teladan bagi anak-anak.
Guru sebagai pengajar dipandang sebagai ekpert, yaitu sebagai
ahli dalam bidang ilmu yang diajarkan.masyarakat berharap melalui tangan guru
anak-anak mereka pasti menjadi orang pandai.
Ø
Guru
Sebagai Pembimbing
Dalam upaya membantu anak mengatasi kesulitan atau hambatan
yang dihadapi dalam perkembangannya, guru berperan sabagai pembimbing. Sebagai
pembimbing, guru perlu memiliki pemanhaman yang saksama tentang para siswanya,
memahami segala potensi dan kelemahannya, masalah dan kesulitannya dengan
segala latar belakangnya. Agar tercapai kondisi tersebut guru perlu mendekati
para siswa , membina hubungan yang lebih akrab, melakukan pengamatan dan
dialog-dialog langsung.
2. KEMATANGAN KEPRIBADIAN GURU
Ø Kedewasaan
Guru sebagai pribadi, pendidik,pengajar,dan
pembimbing.dituntut memiliki kematangan atau kedewasan pribadi serta kesehatan
jasmani dan rohani. Minimal ada 3 ciri kedewasan.
Pertama,
orang
yang deawasa memiliki tujuan dan pedoman hidup.
Kedua, orang dewasa adalah orang yang
mampu melihat segala sesuatu secara objektif
Ketiga, orang
dewasa adalah orang yang biasa bertanggung jawab
Ø Kesehatan Fisik Dan Psikis
Guru juga dituntut untuk memilki fisik dan mental yang
sehat.fisik yang sehat berarti terhidar dari berbagai penyakit.guru yang sakit
bukan hanya tidak dapat mengajar dengan baik tetapi juga kemungkinan besar bias
menularkan penyakitnya kepada anak. Kesehatan fisik juga berarti guru itu tidak
boleh memilki cacat badan yang menonjol yang memungkinkan kurangnya penghargaan
dari anak.kesehatan mental berarti guru terhindar dari berbagai bentuk gangguan
dan penyakit mental.
3. KEMAMPUAN PROFESIONAL
Ø Penguasaan Ilmu dan Keterampilan Keguruan
Agar mampu menyampaikan ilmu pengetahuan yang diajarkan , Ia
harus menguasai secara mendalam dan meluas mata pelajaran yang akan di
ajarkan.dan juga dintuntut untut untuk menguasai strategi serta metode
pembelajaran yang baik, dapat mengolah kelas, dan membimbinhg perkembangan
siswa pula.
Ø Sikap Dan
Sifat Profesional
1) Fleksibel
2) Bersikap
terbuka
3) Berdiri
sendiri
4) Peka
5) Tekun
6) Realistis
7) Melihat
ke depan
8) Rasa
ingin tahu
9) Ekspresif
10) Menerima
diri
4. KEMAMPUAN GURU DALAM KOMUNIKASI
Interaksi menggunakan media bahasa disebut komunikasi. Dengan
demikian komunikasi sangat memegang peranan yang menentu dalam interaksi
pengajaran atau pendidikan.
Ø Kemampuan Berkomunikasi
Guru perlu memiliki kemampuan berbahasa yang baik, terutama
kekayaan bahasa, kosakata, yang cukup banyak sebab dengan menggunakan kata-kata
tertentu saja siswa belum dapat memahami maknany serta perlu menguasai struktur
kalimat dan ejaan yang benar.hal lain yang sangat penting yaitu tinggi
rendahnya nada suara dank eras lemahnya bicara,Selain itu juga penampilan guru
sangat penting.
Hal lain yang mempengaruhi
keberhasilan komunikasi guru adlah penguasaan cara mengajar. Banyak cara yang
yang dapat digunakan guru, tetapi guru perlu menguasai setiap metode mengajar
yang biasa digunakan dalam bidang studi yang dipeggangnya. Penggunaan metode
y6ang tepat dengan prosedur ytang tepat akan mempengaruhi perhatian dan
motivasi belajar siswa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar