Rabu, 28 Oktober 2015

Potensi wisata di Provinsi Maluku



Provinsi Maluku & Potensi Wisata

Luas Wilayah Provinsi Maluku : 712.480 km2 . Terdiri dari Luas Daratan 54.185 km2 , sedangkan Luas Lautan 658.295 km2 . Wooowww lautannya lebih Luas berapa kali lipat ya?? Ayyooo tebak……!.
Jumlah Pulau di Provinsi Maluku : 1.412 Pulau wooww pantasan disebut daerah seribu pulau, dengan Garis Pantai mencapai 10.662 Km.
Jumlah Penduduk : 1.608.786 jiwa. 
Letak Astronomis Maluku2 derajat 30'- 9 derajat  LS dan 124 derajat  - 136 derajat BT
Pemeritahan : 9 Kabupaten dan 2 kota
Batas Geografis :
ü  Utara : Provinsi Maluku Utara
ü  Timur : Provinsi Papua Barat
ü  Selatan : Negara Timor Leste dan Negara Australia
ü  Barat : Provinsi Sulawesi Tenggara Dan Provinsi Sulawesi Tengah

Provinsi Maluku dikenal sebagai “Daerah Seribu Pulau” memiliki potensi dan daya tarik wisata sangat besar terutama untuk pengembangan wisata bahari serta didukung oleh wisata sejarah, wisata budaya dan wisata alam. Potensi dan daya tarik wisata tersebut tersebar hamper merata di setiap daerah provinsi Maluku dan sangat potensial untuk dijadikan objek wisata yang dapat menarik wisata dari dalam dan luar negeri. Pengembangan pariwisata di Provinsi Maluku diarahkan antara lain wisata bahari, sejarah, budaya dan alam.
F Wisata Bahari
          Sebagai daerah kepulauan Provinsi Maluku memiliki potensi pengembangan wisata bahari yang sangat besar, terutama taman laut yang indah di mana hidup berbagai jenis spesies ikan yang beraneka warna, hewan laut, dan berbagai jenis karang indah seperti di wilayah Pulau Banda, MBD, Pulau Tiga dll. Provinsi Maluku juga memiliki pantai yang sangat beragam dan tak kalah menariknya dengan keindahan kehidupan bawah lautnya seperti : Pintu Kota (Seri), Pasir Panjang (Tual), Batu Layar (Jasira Leihitu), Pantai Ora, Pantai Natsepa, Pantai Namalatu (Latuhalat), Tanjung Allang dll. Berbagai objek wisata ini keberadaannya tersebar hampir di setiap daerah Provinsi Maluku.
Ora Beach
 Pasir Panjang Tual

F Wisata Sejarah
          Di Provinsi Maluku terdapat banyak bangunan tua dan situs peninggalan sejarah era penjajahan Belanda, Portugis, dan Jepang. Beberapa daerah di Provinsi Maluku juga menjadi tempat bersejarah bagi bangsa Indonesia seperti kepulauan Banda sebagai tempat tahanan politik dan perjuangan kemerdekaan Indonesia di asingkan, dan rumah bekas mereka tempati dijadikan objek wisata. Objek wisata lainnya yang dapat dijumpai di provinsi Maluku yaitu Munumen Kapitan Pattimura, Benteng Victoria, Benteng Durstede (Saparua), Gong Perdamaian Dunia, Monumen Martha Christina Tiahahu, Monumen TRikora, Tugu Dolan, Museum Siwalima, Gereja Tua, Masjid Tua, dan Monumen Australia.
Gong Perdamaian
Pattimura Monumen
Benteng Duurstede


F Wisata Budaya
Potensi dan daya tarik wisata budaya yang terdapat di provinsi Maluku meliputi tradisi seni yang unik, upacara adat, dan pola hidup masyarakat tradisional, dapat dijadikan objek wisata budaya yang dapat menarik para wisatawan. Beberapa desa yang hidupnya masih tradisional seperti Desa Sepa (Kab Maluku Tengah), Suku Naulu (Pulau Seram), Tanimbar Kei, Tradisi Pukul Sapu di Desa Mamala-Morela, dan masih banyak lagi daerah-daerah yang mempunyai kebudayaan unik yang ada di Maluku.
Pukul Sapu Mamala-Morela
F Wisata Alam
Setiap daerah memiliki potensi wisata alam yang bergam dan prospektif untuk dikembangkan menjadi daya tarik objek wisata. Objek wisata alam yang terdapat di Maluku antara lain Air terjun (Ureng), Air Terjun Rumahkai (Rumahkai, Pulau Seram), Air Panas (Tulehu), Gunung Kerbau (MBD), Taman Nasional Manusela (Seram Utara), Tebing Sawai, Goa bawa Air dan Goa Ibu (Desa Sawai), Taman Bawah Laut (Banda), dll.
Gunung Kerbau


Sekian dulu dari beta, kalau ada teman-teman dari Maluku yang tahu daerah wisata yang belum ditulis di atas boleh komen dan beritahu daerah yang mempunyai potensi wisata di tempatmu. Nanti beta perbaharui lagi tulisan ini. Dangke semoga bermanfaat ^_^.
Sumber : Maluku Expo-BPMD Prov Maluku

Tidak ada komentar:

Posting Komentar